Theme


Pengertian Template atau Theme


Template Website merupakan salah satu bahan dokumen atau file yang sangat di butuhkan dalam hal pembuatan website. Pada dasarnya, seorang webmaster perlu mengetahui pengertian template website itu sendiri sebelum membangun sebuah website.

Template atau Theme merupakan dokumen atau file yang berisikan model-model tambahan yang akan muncul pada saat proses pembuatan dokumen lain. Sedangkan Website merupakan situs atau halaman di Internet yang menyediakan informasi dan tertanam pada World Wide Web (www).

Dari pengertian 2 kata diatas, Pengertian Template Website itu adalah sebuah desain tampilan halaman dengan berisikan dokumen file model-model tambahan yang dikodekan dalam bahasa program dan siap pakai.

Template merupakan salah satu identitas anda. Kita tidak dapat memilih Template yang mengikuti taste kita sendiri, apabila web yang anda tujukan untuk visitor dengan kalangan tertentu. Akan tetapi pemilihan template bebas dapat anda lakukan secara sepihak apabila itu tidak diperuntukan untuk moneytise bahkan mungkin dikhususkan untuk anda sendiri.

Tujuan atau arah website

Sebelum merancang sebuah web alangkah baiknya anda memikirkan untuk mencari template yang sesuai dengan isi dari tujuan web anda.

Contohnya Anda membuat web tentang pembelajaran tetapi anda memilih template yang berwarna pink dan background dihiasi bunga, hal ini tidak singkron. Dan apabila anda merniat untuk bisnis online atau iklan seperti google adsense maka persiapkanlah template yang tersedia kolom letak untuk menempatkan iklan tersebut.

Apa saja faktor-faktor penting dalam sebuah template?
Tentu saja ada berbagai macam faktor penting dalam sebuah template, terutama fungsinya sebagai layout artikel sehingga membuat pengunjung tertarik untuk membaca artikel kita. Setiap individu blogger mempunyai daya tarik dan imajinasi tersendiri dalam mengedit sebuah template, oleh karena itu faktor-faktor pentingnya berbeda pula setiap individu, faktor-fakto yang akan saya bahas ini adalah asumsi saya sendiri berdasarkan pengalaman blogging selama bertahun-tahun.

Faktor-faktor penting dalam sebuah template antara lain:

  1. Halaman artikel (posting) yang lebar.

Template dengan halaman posting yang lebar mempuynyai daya tarik tersendiri. Pengunjung biasa malas membaca blog yang tampilan postnya sangat kecil, apalagi jika tulisannya juga kecil. Halaman posting yang lebar membuat artikel lebih enak untuk di baca.

  1. Menu navigasi yang rapi.

Dengan menu navigasi yang rapi dan elegan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Apa sih menu navigasi itu? menu navigasi ada bermacam-macam, namun yang sering kita lihat adalah pada bagian atas blog tepat di bawah judul atau logo blog. dengan menu nagivasi ini anda dapat memperkenalkan kepada pengunjung tentang niche blog kita, apa saja artikel dan kategori pada blog kita.

3. Template dengan warna yang cerah.
Template dengan warna yang cerah memang memanjakan mata, sehingga membuat pikiran ingin membaca artikelnya. Template dengan warna yang tidak cerah seperti warna hitam gelap membuat blog tidak elegant dan menyakitkan mata untuk melihatnya.
4. Template dengan sidebar yang sinkron.
Jarak antara halaman posting dengan sidebar sinkron atau sejajar, tampilan sidebar yang acak-acakan membuat tampilan blog menjadi tidak dinamis.
5. Template tidak banyak embel-embel.
Anda tahu embel-embel? embel-embel pada blog berupa background gambar yang memiliki gambar tidak jelas (abstrack), terdapat banyak gambar di sidebar, footer dan bagian atas postingan membuat tampilan blog menjadi penuh. Pilihlah hal-hal yang berguna untuk di tempatkan di setiap sudut blog seperti gambar yang menggambarkan niche blog, iklan ppc, dll.