Bagaimana mengelola bisnis online

Bagaimana mengelola bisnis online

Untuk bisa memulai dan mengelola bisnis online berikut ini cara dan proses yang perlu Anda lakukan :

  • Pertama Mulai dengan mindset bisnis online yang benar.
  • Kedua Tentukan siapa yang menjadi target market Anda.
  • Dan Ketiga Tentukan model bisnis yang tepat.
  • KeEmpat Menyiapkan produk/layanan.
  • Kelima Membuat website/landing page/katalog.
  • Dan Terakhir Mendatangkan traffic.

Berikut Ini Tips Mengelola Website untuk Bisnis Online

Agar bisnis online Anda dapat bersaing, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Modal saja tidak cukup tetapi harus dibarengi dengan strategi pemasaran yang efektif sehingga bisnis online Anda bisa tetap bertahan.

Langsung Saja Berikut beberapa tips untuk Anda yang akan memulai bisnis online:

  1. Website
    Anda bisa memulai dengan membuat website untuk usaha jualan online Anda. Dengan desain website yang menarik didukung informasi lengkap akan memudahkan pengunjung dalam mendapatkan informasi produk yang Anda tawarkan.

Jika modal modal terbatas, Anda bisa memanfaatkan e-commerce yang meyediakan marketplace. Anda bisa meemajang dan sekaligus menjual produk Anda disana.

  1. Testimoni konsumen
    Tampilkan komentar konsumen yang telah membeli atau menggunakan produk Anda di website Anda. Meski kelihatannya sepele, komentar konsumen bisa menjadi promosi untuk konsumen lain atau pengunjung website lainnya.
  2. Alamat jelas
    Kepercayaan dari konsumen sangat penting untuk kelangsungan bisnis online Anda. Berikan informasi lengkap terkait alamat kantor (kalau ada), nomor telepon dan cara transaksi pembayarannya.
  3. Gambar dan keterangan pendukung
    Gambar produk sudah menjadi menu wajib bagi website Anda. Namun itu saja belum cukup untuk menarik konsumen. Anda bisa menambahkannya dengan beberapa artikel pendukung produk anda. Artikel bisa berupa review produk atau tips menarik yang berhubungan dengan produk Anda.
  4. Responsif menjawab keluhan
    Dalam mengelola bisnis online, tak jarang ada konsumen yang komplain dengan produk atau pelayanan yang diberikan. Menghadapi situasi seperti, Anda harus bersikap responsif dengan cepat menanggapi keluhan mereka.

Menyepelekan keluhan konseumen adalah kesalahan besar karena banyak pesaing Anda yang siap menampung mereka. Sekali dikecewakan bukan tidak mungkin mereka akan meninggalkan website Anda untuk selamanya.

  1. Promosi online
    Jika memiliki dana lebih, Anda bisa memasarkan bisnis online melalui media sosial atau website lain yang menyediakan jasa promosi baik gratis maupun berbayar. Tentu saja promosi berbayar lebih efektif hasilnya dibanding gratisan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jasa optimasi SEO untuk mendapatkan jumlah pengunjung pada website Anda.

Awas hindari , Ini 4 Kesalahan Mengelola Bisnis Online yang Paling Sering Dilakukan Akibatnya Bisa Patal!

Melakoni bisnisonline semakin marak dilakukan, tidak terkecuali di Indonesia. Pelaku bisnisnya pun berasal dari berbagai kalangan usia, bahkan dari usia remaja sekalipun. Meski belum ada data valid yang menyebutkan jumlah pastinya, tetapi setiap hari selalu ada pemain baru yang muncul.Sayangnya, enggak sedikit pula pelaku bisnis online yang kemudian mundur atau mengalami stagnasi. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat tingkat konsumen toko online pun semakin meningkat tiap harinya.

Nah, bila kamu berencana untuk memiliki toko online atau sedang menjalankannya, pastikan tidak melakukan kesalahan-kesalahan seperti ini:

Tidak Konsisten
Tanyakan kepada diri sendiri: Kenapa menjalani bisnis online ini?

Melalui satu pertanyaan sederhana ini, kamu bisa menilai sendiri seberapa niat yang dimiliki. Bila sedari awal saja niat yang dimiliki tidak terlalu kuat dan tidak ada visi yang jelas, maka besar kemungkinan bila kamu akan berhenti di tengah jalan. Bahkan sekalipun rencana yang disiapkan telah sangat matang, tetapi bila tidak konsisten dalam menjalankannya, maka tidak perlu terlalu kecewa bila bisnis kamu akan tumbang.

Enggan Melakukan Inovasi


Bagaimanapun, sebagai pemilik bisnis yang berhasil atau tidaknya usaha yang dilakoni sangat bergantung pada konsumen, kamu enggak bisa diam saja. Hanya karena sejauh ini usaha yang dilakukan baik-baik saja bukan berarti jaminan serupa yang kamu dapatkan di masa mendatang.

Perubahan pasar adalah hal yang pasti dengan dinamikanya yang sangat cepat. Untuk itu, kamu harus sangat fleksibel dan terbuka untuk inovasi menyesuaikan permintaan pasar. Terlebih mengingat konsumen yang kini lebih rasional dibandingkan loyal, maka kamu tidak bisa selalu diam tanpa melakukan inovasi.

Berlebihan dalam Mengembangkan Hal di Luar Core Business
Kalau kamu baru saja merintis khususnya, tidak perlu terlalu pusing memikirkan hal-hal yang sifatnya di luar inti bisnis. Bila ingin membuat situs web misalnya, kamu enggak harus mengeluarkan lebih banyak tenaga pada teknis pembuatannya.

Apakah salah bila menginginkan semuanya berjalan secara sempurna dari awal? Sama sekali tidak. Hanya saja, kamu juga perlu membuat skala prioritas. kamu boleh-boleh saja merencanakan segala teknisnya dengan detail, tetapi jangan sampai hal tersebut justru mendistraksi kamu dari kegiatan core business.

Terlalu Jemawa dengan Kompetitor


Ingat, kamu bukan satu-satunya pemain dalam bisnis ini. Merasa percaya diri dengan usaha yang dilakukan adalah hal yang bagus, tetapi bukan berarti kamu menjadi abai dengan kehadiran kompetitor.

Tenang saja, kamu enggak harus menurunkan harga bila kompetitor menjual produk serupa dengan harga yang lebih murah. Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan added value lainnya, seperti dari segi pelayanan, kemasan produk, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemilik toko online sehingga membuat bisnisnya susah mengalami perkembangan. Jangan sampai hal tersebut juga terjadi

2 thoughts on “Bagaimana mengelola bisnis online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *